Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi visual partisipan pada desain spanduk warung sate Madura berdasarkan tiga atribut, yaitu: daya tarik desain, kelengkapan konten, dan representas…
Watak keras, pemberani, sederhana, perantau, dan kokoh memegang agama adalah karakter khas bagi masyarakat Madura. Sebagai kelompok masyarakat yang fenomenal di negeri ini, mereka juga memiliki ber…
Meskipun sudah banyak buku yang membahas metode penelitian,bukan berarti sudah using untuk menguraikan kembali salah satu metodologi yang sekarang ini sedang digandrungi oleh para peneliti dan mah…
Penelitian kebudayaan merupakan usaha untuk memahami fakta yang keberadaannya diwakili oleh sesuatu dan dilakukan secara rasional empiris. Sasarannya bukan hanya mengacu pada realitas yang konkret …
Bangsa Madura memang memiliki kemampuan menghadirkan realitas secara sederhana melalui parodi orisinil yang berasal dari kehidupan sehari-hari. Parodi merupakan bahasa ungkap yang paling canggih un…
Penelitian ini dialkukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif, Pengumpulan data diperoleh melalui teknik…
Buku ini menyoroti suatu aspek masyarakat Madura yang kurang dikenal, baik di Indonesia maupun di luar negeri, yaitu kegiatan keseniannya. Metode penelitian etnografis yang dipergunakan oleh penuli…